Kerugian Meninggikan Body Mobil

Modifikasi tinggi body mobil - dalam memodifikasi sebuah kendaraan berbagai yang dapat kita lakukan, mulai modifikasi ringan menyerupai memasang stiker mobil, melaksanakan penambahan aksesoris menyerupai lampu lampu, merubah atau mengganti velg kendaraan beroda empat dengan menggunakan velg racing variasi, hingga dengan menaikkan tinggi body kendaraan.

Nah pada edisi kali ini kami akan menyuguhkan artikel mengenai kerugian dari menaikkan tinggi body kendaraan beroda empat serta resiko yang nantinya akan anda ambil kalau memang sudah tetapkan untuk menaikkan body kendaraan dari tinggi standar pabrik.

 dalam memodifikasi sebuah kendaraan berbagai yang dapat kita lakukan Kerugian Meninggikan Body Mobil
Gambar ilustrasi meninggikan body mobil


Salah satu jenis kendaraan beroda empat yang hingga ketika ini masih diminati dan juga sering ditemukan di jalan raya dengan ketinggian body yang telah dimodifikasi ialah kendaraan beroda empat Isuzu Panther. Banyak sekali pecinta kendaraan beroda empat diesel yang satu ini, bahkan komunitasnya pun masih eksis hingga ketika ini yakni panther mania yang anggotanya bertambah tiap tahunnya.

Membahayakan keselamatan berkendara

Oke kembali lagi ke persoalan ketinggian body kendaraan, resiko yang akan kalian tanggung ketika tetapkan untuk meninggikan body kendaraan beroda empat diantaranya berafiliasi dengan kecepatan kendaraan beroda empat itu sendiri, ketika body kendaraan beroda empat dinaikkan dan ketinggiannya berubah, maka secara otomatis lebih banyak ruang dibawah kendaraan beroda empat yang nantinya akan mengganggu aerodinamis kendaraan, sehingga ketika kendaraan beroda empat melaju pada kecepatan tinggi akan lebih sulit untuk dikendalikan. Begitulah berdasarkan teman penulis yang juga seorang teknisi.


Tingkat kerusakan suku cadang semakin tinggi

Yang kedua yaitu persoalan keselamatan, yakni semakin tinggi body kendaraan beroda empat dinaikkan, maka resiko batang torsion kafe jebol juga semakin besar akhir gaya puntir yang semakin tinggi, terutama ketika kendaraan beroda empat melaju dan melewati jalanan yang kurang bersahabat. Anda dapat membayangkan ketika kendaraan beroda empat sedang digunakan dengan kecepatan tinggi dan datang tiba baut pengikat torsion kafe jebol, kendaraan beroda empat akan pribadi miring dan celaka. Karena intinya kendaraan beroda empat dengan body tinggi ini tidak cocok untuk kecepatan. Belum lagi kerusakan komponen lain menyerupai suspensi, ball join serta tierod maupun gearbox / steering box.


Efek kendaraan beroda empat mengalami body roll semakin tinggi

Ingat pada beberapa artikel kami yang lain mengenai body roll yang terjadi pada kendaraan beroda empat ? kalau belum tahu silahkan anda baca di : ARTI BODY ROLL DI MOBIL. Semakin tinggi kendaraan maka resiko kendaraan beroda empat mengalami body roll pun semakin tinggi kalau tidak didukung dengan sistem suspensi yang lebih mumpuni. Nah ancaman dari body roll sendiri yaitu kendaraan beroda empat akan terguling ketika menikung dengan kecepatan yang tinggi.

Lalu bagaimana biar kendaraan beroda empat tetap nyaman meskipun body kendaraan beroda empat dinaikkan ?

Untuk mengatasi hal ini anda dapat melaksanakan modifikasi di penggalan lain kendaraan khususnya di penggalan suspensi, semakin tinggi body ketika melewati jalanan berlubang, maka ayunan kampak bawah juga semakin besar, kalau tidak diimbangi dengan suspensi yang lebih keras dari suspensi bawaan pabrik, sudah niscaya resiko batang torsion kafe jebol semakin besar.

Walaupun sudah diakali demikian tetap saja anda harus waspada ketika mengemudikan kendaraan beroda empat dengan body yang tinggi ini dijalanan. Penulis seringkali ikut tes jalan kendaraan beroda empat yang telah dinaikkan tinggi body nya dan suwer rasanya sangat menakutkan, padahal kecepatan gres saja menembus 70 km/jam an.

Baca juga : Setir kendaraan beroda empat getar di kecepatan tinggi ? coba finish balancing saja

Nah bagi anda yang berniat untuk menaikkan tinggi body mobil, semoga artikel diatas bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Widget Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Cara Wax Kendaraan Beroda Empat Yang Benar : Mencar Ilmu Detailing Pemula