Bahaya Air Radiator Kendaraan Beroda Empat Berkurang Dan Tak Segera Ditambah

Air radiator mobil - fungsi penting dari komponen radiator pada sebuah kendaraan beroda empat ialah untuk menjaga biar suhu mesin stabil dibawah titik didih yang mana sanggup menjadikan mesin mengalami overheat. Agar suhu mesin tetap stabil diharapkan sebuah cairan pendingin yang disebut dengan watercoolant.

 fungsi penting dari komponen radiator pada sebuah kendaraan beroda empat ialah untuk menjaga biar suhu me Bahaya Air Radiator Mobil Berkurang Dan Tak Segera Ditambah

Sekilas cara kerja sistem pendingin radiator

Cara kerja pada sistem pendinginan mesin ini ialah ketika suhu mesin masih dingin, cairan pendingin yang ada didalam water jacket akan terus bersirkulasi disana, hingga pada jadinya cairan pendingin tersebut mulai panas. Panasnya watercoolant yang ada di area mesin ini otomatis akan membuka katup thermostats sehingga cairan yang bersuhu panas tadi mengalir keluar menuju ke radiator untuk didinginkan dengan dukungan udara dari depan kendaraan maupun dari extra fan.

Sedangkan cairan watercoolant yang sebelumnya telah didinginkan di dalam radiator akan disirkulasikan kedalam water jacket untuk menjaga suhu mesin biar tak terjadi overheat. Proses ini terjadi secara berulang ulang sehingga awalaupun mesin digeber dengan kecepatan tinggi pun tidak mengalami overheat. Lalu pertanyaannya ialah bagaimana jikalau watercoolant telah berkurang tanpa kita sadari dan tidak segera ditambah ?

Seperti klarifikasi mengenai cara kerja pendinginan mesin dengan memakai radiator diatas, bila cairan watercoolant hingga berkurang dan tidak segera ditambah akan menciptakan panas mesin menjadi naik dan mesin beresiko mengalami overheat. Hal ini terjadi alasannya cairan watercoolant yang ada didalam radiator yang nantinya akan disirkulasikan kedalam waterjacket mesin kurang, sehingga biar volumenya sama, cairan watercoolant bersuhu panas yang semula berasal dari dalam mesin dan dibuang menuju ke radiator, akan ikut masuk dan terhisap kembali kedalam waterjacket mesin.

Untuk itu sering seringlah menyidik cairan radiator mobil, baik yang ada di dalam tangki reservoir, maupun yang ada didalam radiator itu sendiri dengan jalan membuka epilog radiatornya. Jika volume nya kurang sebaiknya segera ditambah.

Saat berkendara sesekali lihatlah indikator suhu mesin yang ada di belahan dasboard mesin. Jika indikator suhu mesin terlihat naik mendadak, segera tepikan dan matikan mesin mobil, tunggu beberapa menit biar suhunya turun dan tambahkan air mineral sebagai tindakan darurat dijalan.

Pengalaman penulis pernah mengendarai kendaraan beroda empat di jalan tol bersama seorang kawan, datang tiba indikator suhu mesin naik drastis hampir menyentuh redline dan kami tetapkan untuk menepikan kendaraan. Setelah di cek ternyata air radiator berkurang sebanyak kurang lebih 1.5 liter an, alasannya kami menambahkan air mineral gelas sebanyak 6 gelas, dimana masing masing kemasan tertera volume air sebanyak 240ml/gelas.

Bisa dibayangkan jikalau ketika itu tidak ada yang memperhatikan indikator suhu mesin dan tetap melaju kencang, sanggup dipastikan mesin kendaraan beroda empat akan mengalami overheat di jalan. Nah semoga goresan pena diatas sanggup bermanfaat.

Baca juga : Waspada waterpump rusak sanggup mengakibatkan mesin overheat




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Widget Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Cara Wax Kendaraan Beroda Empat Yang Benar : Mencar Ilmu Detailing Pemula