Cara Mengetahui Kondisi Aki Mobil

Mengecek kondisi aki mobil - keberadaan aki atau baterai pada kendaraan beroda empat yang paling utama ialah membantu menyalakan mesin kendaraan beroda empat untuk pertama kalinya melalui dinamo starter. Tanpa adanya energi listrik pada aki kendaraan beroda empat yang mumpuni, tentu starter kendaraan beroda empat tidak sanggup dipakai sebagaimana mestinya. Maka dari itulah kita harus menawarkan perhatian yang lebih terhadap kondisi aki mobil.

 keberadaan aki atau baterai pada kendaraan beroda empat yang paling utama ialah membantu menyalakan mesin  Cara Mengetahui Kondisi Aki Mobil


Perawatan aki kendaraan beroda empat ini sangatlah mudah, hanya saja tidak banyak pemilik kendaraan beroda empat yang ingat sehingga sering kali terjadi kerusakan aki menyerupai air aki yang habis hingga yang paling parah yaitu aki kendaraan beroda empat menjadi sowak / rusak akhir terlalu sering kekurangan cairan aki dan pengisian daya yang kurang anggun dari alternator.

Baca juga : Perbedaan aki berair dan aki jenis MF

Dalam merawat aki mobil, beberapa langkah simpel yang sanggup kalian lakukan sendiri dirumah yaitu dengan rutin menyelidiki kondisi air aki pada batas normalnya, yakni diantara lower level dan jangan terlalu banyak menambahkan air aki melebihi batas upper level. Selain itu kalian juga harus tahu perihal kondisi aki mobil, apakah kondisinya masih anggun ataukah sudah kurang sehat dengan melihat indikator warna yang terdapat pada aki mobil. Beberapa aki ada yang mempunyai indikator ini, dan beberapa lagi ada yang tidak, nah pada aki kendaraan beroda empat yang mempunyai indikator warna, dibawah ini yaitu arti dari warna yang muncul serta penyebab dan penyelesaiannya.

 keberadaan aki atau baterai pada kendaraan beroda empat yang paling utama ialah membantu menyalakan mesin  Cara Mengetahui Kondisi Aki Mobil


1. Warna bulat biru dengan titik merah di tengah

Warna yang muncul pada indikator aki kendaraan beroda empat menyerupai ini, membuktikan bahwa aki kendaraan beroda empat kalian dalam kondisi baik baik saja alias dalam keadaan prima, anda tidak perlu melaksanakan apa apa. namun tetap jaga kondisi air aki tetap di batas normal yakni diantara lower level dan upper level.

2. Warna lingkar putih dengan titik merah di tengah

Warna yang muncul pada indikatoe aki kendaraan beroda empat yang demikian membuktikan bahwa aki kendaraan beroda empat kalian kekurangan setrum. Hal ini sanggup dikarenakan kesalahan anda tidak mematikan komponen kelistrikan dikala memarkirkan mobil, menyalakan beberapa perangkat audio maupun kelistrikan kendaraan beroda empat yang lain dikala kendaraan beroda empat dalam kondisi mesin mati, maupun alasannya aki kendaraan beroda empat sudah tidak sanggup menyimpan daya lagi ( sowak ).

Untuk mengatasi hal ini silahkan anda charger aki kendaraan beroda empat hingga penuh, kemudian hindari beberapa penyebab aki kurang setrum yang telah disebutkan diatas. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus, cobalah periksakan pengisian dinamo ampere mobil, jikalau dinamo ampere kendaraan beroda empat tidak sanggup melaksanakan pengisian sebagaimana mestinya, silahkan lakukans servis dinamo ampere di bengkel khusus dinamo. Setelah dinamo ampere sudah diservis dan normal, namun aki masih tetap menyerupai itu, sanggup dipastikan aki kendaraan beroda empat anda sudah rusak dan perlu diganti baru.

3. Warna bulat merah dengan titik putih di tengah

Jika anda melihat indikator warna yang demikian pada aki kendaraan beroda empat milik kalian, artinya aki kekurangan cairan elektrolit dan sebaiknya segeralah tambahkan air accu tambah. Berkurangnya cairan elektrolit didalam aki ini sangatlah wajar, mengingat dikala mesin kendaraan beroda empat dan pengisian aki menyala, aki akan panas dan menciptakan cairan didalamnya menguap. Namun bila terjadi penguapan secara berlebihan bahkan jikalau air aki terlihat menyerupai mendidih, cobalah lakukan investigasi pada tegangan pengisian aki, jikalau terlalu berlebihan berarti ada kerusakan pada dinamo ampere. Silahkan lakukan servis dinamo ampere di bengkel khusus dinamo.

Baca juga : Detail penyebab air aki sanggup mendidih dan bergolak

Nah itulah tadi artikel perihal cara mengetahui kondisi aki mobil, biar isu yang kami sampaikan diatas sanggup bermanfaat, dan jangan lupa untuk dibantu share. Salam otomotif.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Widget Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Cara Wax Kendaraan Beroda Empat Yang Benar : Mencar Ilmu Detailing Pemula