Cara Gampang Menciptakan Goresan Pena Berjalan (Marquee) Di Blog Dengan Instruksi Html

Cara Membuat pengaruh goresan pena bergerak atau berjalan di halalaman blog, baik wordpress , blogspot maupun flatform blog lainnya bekerjsama sangat gampang sekali, cukup dengan beberapa baris isyarat perintah saja maka goresan pena berjalan sanggup anda pasang di halaman blog anda baik di kepingan header, footer, body sidebar atau di kepingan lainnya yang anda inginkan pada halaman blog anda.

Tulisan berjalan (running text) dikenal sebagai marquee, sebab untuk menciptakan goresan pena berjalan pada halaman blog anda, perintahnya ialah menggunakan tag marquee, isyarat perintah ini merupakan salah satu perintah kode tag HTML untuk menciptakan goresan pena menjadi bergerak sesuai dengan yang kita inginkan.


Cara Membuat pengaruh goresan pena bergerak atau berjalan di halalaman blog Cara Praktis Membuat Tulisan Berjalan (marquee) di blog dengan Kode HTML

Ada beberapa variasi gerakan yang sanggup kita buat dengan isyarat HTML marquee ini, ada yang goresan pena berjalan dari kiri ke kanan, berjalan dari kanan ke kiri, di ulang-ulang, dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas atau sanggup juga kita buat goresan pena bergerak mondar mandir secara acak, bahkan kita sanggup dekorasi tampilannya sesuai dengan yang kita inginkan dengan menggabungkannya dengan isyarat CSS.

Kali ini saya akan sajikan beberapa teladan isyarat HTML untuk menciptakan goresan pena berjalan dengan banyak sekali macam variasi gerak yang sanggup anda pilih dan tempelkan pada halaman blog anda untuk menghiasi blog anda semoga lebih ramai dan menarik.

Format Kode HTML untuk Membuat Tulisan Berjalan


Format Kode html dasar untuk menciptakan goresan pena berjalan ialah sebagai berikut:
<marquee [attribut] >sebuah text bergerak </marquee>
[attribut] sifatnya opsional (boleh disertakan boleh tidak), fungsinya untuk mengatur, mendekorasi atau memvariasikan goresan pena berjalan yang anda inginkan.

Macam-Macam Atribut Tag Marquee

Ada banyak atribut isyarat HTML untuk tag marquee ini diantaranya adalah:
  • scrollday=angka, ini dipakai untuk mengatur delay goresan pena berjalan dalam milidetik (1/1000 detik), semakin besar angkanya maka gerakannya akan semakin lambat.
  • loop=angka | -1 | infinite, atribut loop ini dipakai semoga goresan pena terus berulang sesuai dengan hukum yang kita pilih, jikalau yang dimasukan angka maka goresan pena akan bergerak berulang-ulang sesuai dengan angka yang dimasukan, jikalau yang dipilih ialah -1, maka tidak akan diulang, jikalau infinite maka akan berulang-ulang terus menerus.
  • width=angka/persentase, ini dipakai untuk mengatur lebar daerah goresan pena berjalan semakin besar angkanya akan semakin lebar
  • bgcolor=warna dalam bhasa inggris, atribut ini dipakai untuk memperlihatkan latar atau background pada goresan pena bergerak yang anda buat.
  • title=text, atribut ini dipakai semoga goresan pena berjalan dikala di sentuh menggunakan mouse (mouse over) akan muncul pesan popup.
  • scrollmount=angka, atribut ini dipakai untuk mengatur kecepatan gerak tulisan, semakin besar angka yang dimasukan maka akan semakin cepat gerakannya
  • direction=left | right | up | down, atribut ini dipakai untuk mengatur arah gerakan goresan pena berjalan, sanggup pilih salah satu left, atau right atau up atau down, jikalau menentukan left maka goresan pena akan berjalan ke kiri, jikalau menentukan right maka goresan pena akan berjalan ke arah kanan, jikalau menentukan up maka goresan pena akan berjalan ke atas dan jikalau menentukan down maka goresan pena akan berjalan ke arah bawah.
  • behavior=scroll | slide | alternate, atribut ini dipakai untuk mengatur jenis prilaku gerakannya, pilih slide jikalau menginginkan goresan pena bergerak berhenti dan diulangi lagi dari awal, pilih scroll jika ingin teks bergerak sekali kemudian berhenti dan diulangi lagi, pilih Alternate jika ingin teks terlihat memantul/bouncing dari ujung kembali ke ujung.
  • style=kode_css, style diisi dengan isyarat css, jadi anda harus menguasai isyarat css untuk menggunakan atribut ini, isyarat css gunanya untuk mendekorasi tampilan text berjalan yang anda inginkan ibarat mewarnai text, mewarnai latar belakang tulisan, menentukan font, menentukan format font tebal miring dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui atribut untuk isyarat html tag marquee di atas, maka anda akan dengan gampang menciptakan text berjalan untuk halaman blog anda dengan banyak sekali macam variasi sesuai dengan yang anda inginkan.

Format Penulisan Attribut pada Tag Marquee

Atribut sanggup anda masukan di dalam tag marquee lebih dari satu atribut, jikalau atribut yang dimasukan lebih dari satu, maka setiap atribut yang satu dengan atribut lainnya dipisahkan dengan space, formatnya penulisannya kurang lebih akan terlihat ibarat berikut:
<marquee atribut1='nilai_attr1'  atribut2='nilai_attr2' attribut3='nilai_attr3' attribut_n='nilai_attr_n'>text berjalan</marquee>
Nilai atribut sanggup menggunakan kutif tunggal, kutif ganda atau tanpa kutif, aksara besar dan aksara kecil tidak dibedakan.

Contoh Cara Mebuat Tulisan Berjalan dengan banyak sekali variasi

Berikut saya sajikan beberapa teladan cara menciptakan goresan pena berjalan dengan beberapa variasi yang sanggup anda terapkan pada blog anda:

#1. Membuat Tulisan berjalan standar (dari kanan ke kiri)

Kode Html:
<marquee> Ini teladan goresan pena berjalan</marquee>
Hasil:
Ini teladan goresan pena berjalan

#2 - Tulisan berjalan dari kiri ke kanan dengan pengaruh memantul

Kode HTML:
 <marquee direction='left' behavior='alternate'> Ini teladan goresan pena berjalan mondar mandir</marquee>
 Hasil:
Ini teladan goresan pena berjalan mondar mandir

#3 - Tulisan Berjalan dari Kiri ke kanan

Kode HTML:
<marquee directoion='right'>Ini goresan pena berjalan dari kiri ke kanan</marquee>
Hasil:
Ini goresan pena berjalan dari kiri ke kanan

#4 - Tulisan Berjalan dari kiri ke kanan dengan pengaruh memantul

Kode HTML:
<marquee direction='right' behavior='alternate'>Tulisan berjalan dari kiri ke kanan memantul </marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari kiri ke kanan memantul

#5 - Tulisan berjalan dari atas ke bawah

Kode HTML:
<marquee direction='down'>Tulisan berjalan dari atas ke bawah </marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari atas ke bawah

#6 - Tulisan Berjalan dari atas ke bawah mondar-mandir

Kode HTML:
<marquee direction='down' behavior='alternate'>Tulisan berjalan dari atas ke bawah mondar-mandir</marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari atas ke bawah mondar-mandir

#7 - Tulisan berjalan dari kiri-ke kanan memantul dengan background kuning dan warna goresan pena merah

Kode HTML:
<marquee behavior='alternate' direction='right' bgcolor='yellow' style='color:red;font-weight:bold;'>
Hasil:
Tulisan berjalan berlatar kuning dengan warna goresan pena merah

#8 - Tulisan berjalan dengan gerak acak

Kode HTML:
<center><marquee direction="up" scrollamount="2" align="center" behavior="alternate" width="90%"><marquee direction="right" behavior="alternate"> Contoh Tulisan Berjalan </marquee></marquee></center>
Hasil:
Contoh Tulisan Berjalan

Kunci Penting Membuat Tulisan Berjalan

Sebenarnya untuk menciptakan goresan pena berjalan apapun jenis dan variasinya sangatlah mudah, apa yang harus anda pahami ialah isyarat berupa tag HTML untuk menciptakan goresan pena berjalan ayitu tag marquee, dan atribut yang sanggup dipakai oleh tag html marquee tersebut, ibarat yang sudah disebutkan di atas, dengan mengkombinasikan antara goresan pena berjalan dan juga atribut yang sudah ditentukan maka anda sanggup menciptakan goresan pena berjalan sesuai dengan kreatifitas anda. silahkan bereksperimen sendiri dengan melibatkan atribut-atribut lainnya.

Bagaimana cara Menerapkan (memasang) goresan pena berjalan pada halaman blog anda?

Untuk memasang goresan pena berjalan pada halaman blog anda bukanlah perkara yang sulit, caranya sangatlah gampang sekali, ada dua cara yang sanggup anda gunakan, yang pertama sanggup melalui editor artikel yang anda buat dan yang kedua sanggup melalui widget.

Melalui Artikel

Jika anda ingin memasang goresan pena berjalan hanya untuk beberapa artikel saja, maka langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:
  • Saat anda sedang menciptakan artikel, masuk ke mode HTML
  • Kopikan salah satu isyarat HTML goresan pena berjalan di atas pada kepingan artikel yang anda ingin goresan pena bergerak tersebut muncul
  • Simpan artikel anda kemudian silahkan review untuk melihat alhasil sebelum dipublish

Melalui Widget

Kode HTML untuk goresan pena berjalan juga sanggup anda pasang melalui widget blog, langkahnya ialah sebagai berikut:
  • Masuk ke halaman utama akun blog anda
  • Pada bilah sajian sisi kiri, pilih sajian pilih sajian tata letak / layout
  • Klik link tambahkan gadget yang ada, di kepingan yang anda ingin goresan pena berjalan muncul
  • Lalu pilih widget HTML/Javascript, kemudian kopikan salah satu isyarat di atas, kemudian tekan tombol simpan
Dengan cara di atas goresan pena berjalan yang anda inginkan akan muncul di kepingan widget yang anga tambahkan, silahkan dicoba.

Artikel menarik lainnya:
Cara menciptakan goresan pena terbalik

Itulah tutorial wacana bagaimana cara menciptakan goresan pena berjalan untuk halaman blog anda, silahkan bereksperimen sendiri untuk menciptakan goresan pena berjalan sesuai dengan yang anda inginkan, isyarat untuk menciptakan goresan pena berjalan ialah isyarat HTML standar, jadi anda sanggup memasang isyarat HTML untuk goresan pena berjalan apapun flatform blognya, baik blogspot, wordpress dan blog lainnya. selamat mencoba. dan semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Widget Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Cara Wax Kendaraan Beroda Empat Yang Benar : Mencar Ilmu Detailing Pemula