Cara Semoga Rem Cakram Makin Pakem

Agar rem cakram makin pakem - motor yang sudah dioprek belahan mesin supaya powernya semakin meningkat, tentu saja membutuhkan sistem pengereman yang mumpuni untuk mengimbangi kencangnya laju motor tersebut.

Sebab bila tidak tentu akan sangat berbahaya sekali jikalau sewaktu - waktu kalian lepas kontrol, ngebut dan mendapat halangan, kalian pun tidak akan dapat memprediksi dengan tepat kapan motor kalian dapat berhenti dengan tepat ketika melaksanakan pengereman.

Image by : nepalmountainews


Oleh alasannya ialah itu kalian pun perlu melaksanakan pembenahan di belahan sistem pengereman sepeda motormu. Bagaimana caranya ? tentu saja dengan melaksanakan perubahan di belahan - belahan tertentu di sistem rem itu sendiri.

Contohnya saja mengganti belahan master rem dengan master rem racing semisal brembo, atau master rem racing lain yang mungkin harganya lebih murah dari brembo dan tentu saja lebih terjangkau untuk kantong mu. Hal ini sangat penting mengingat fungsi utama master rem ialah sebagai pendorong minyak rem yang menuju ke belahan piston kaliper.

sangat disarankan melaksanakan sistem rem satu set dimulai dari master rem, selang rem, master kaliper hingga pad brake serta discbrake nya. jikalau kalian merasa terlalu mahal untuk mengganti yang satu set, kalian dapat menggantinya part demi part yang dapat dibeli secara terpisah, namun sekali lagi pastikan membeli part yang berkualitas.

Untuk mengetahui kualitas suatu barang kalian dapat melaksanakan sedikit survey menanyakan ke teman - teman kalian yang sudah pernah memakai komponen tersebut, tanyakan juga ke pihak toko sebagai perbandingan.

Dengan begitu motor yang sudah kalian upgrade powernya pun akan terasa mantep dan pakem rem nya.

Mengatasi rem cakram kurang pakem di motor standar


Diatas ialah tips supaya rem cakram makin pakem untuk motor yang sudah di oprek mesinnya, lantaran semakin tinggi power mesin jikalau sistem remnya masih memakai versi standar tentu rasanya menyerupai rem nya yang gembos, padahal tenaga mesinnya yang meningkat ( Baca : sengaja ditingkatkan ).

Lalu bagaimana dengan sepeda motor standar yang semuanya serba standar, namun rem nya terasa gembos dan kurang pakem ? silahkan lakukan beberapa langkah di bawah ini :

1. Periksa seluruh sistem rem secara visual dan fungsional, investigasi visual ini sangat penting dilakukan supaya kita dapat mengambil langkah lanjutan. Yang pertama kalian harus menyidik seluruh komponen sistem rem mulai dari kondisi dan fungsi master rem, kondisi selang rem, cek kampas serta disbrake, cek fungsi piston kaliper dan lain sebagainya. jikalau ditemukan komponen yang cacat sangat disarankan untuk dilakukan penggantian dengan komponen gres berkualitas.

2. Setelah dilakukan investigasi visual dan fungsional tidak ditemukan problem yang berarti, kalian dapat mengambil langkah lanjutan berupa menggosok permukaan kampas maupun discbrake memakai amplas halus. Fungsinya ialah untuk membuat pori - pori gres supaya kampas dan piringan dapat pakem tentunya.

3. Menguras dan mengganti minyak rem dengan minyak baru, pastikan kalian bleding dengan sempurna, jangan hingga salah dan masuk angin alasannya ialah angin yang ada didalam susukan minyak rem dapat mereduksi gaya tekan didalam selang yang kesannya rem seolah - olah nggembos bahkan blong.

Setelah melaksanakan langkah - langkah diatas dengan benar, kalian dapat melaksanakan pengetesan atau final inspeksi dengan cara memakai sepeda motor menyerupai biasanya dan lakukan pengereman.

Tips lain :

Gunakan selang rem berkualitas jikalau memang selang perlu diganti. Pilihlah selang rem yang tidak gampang mengembang ketika melaksanakan pengereman sehingga tenaga dorong dari master tidak tereduksi di belahan ini.

Ketika mengganti komponen fast moving menyerupai pad brake atau kampas rem, pilihlah kampas yang berkualitas bagus, mempunyai pori - pori yang cukup dan tidak banyak mengandung material serbuk besi, alasannya ialah kampas rem yang menyerupai ini dapat menimbulkan cacat di belahan piringan cakram. Minimal gunakan kampas rem genuine bila kalian takut salah memilih.

Pilih cakram rem yang mempunyai lubang pembuangan yang tidak terlalu banyak, juga tidak terlalu sedikit. Sebab bila lubang buang terlalu sedikit, ada kemungkinan piringan sulit meredam panas dan memuai, dan juga jikalau terlalu banyak lubang buang malah dapat membuat kampas kalian cepat habis tergerus.

Kontrol fluida rem dan ganti secara bersiklus sesuai buku petunjuk servis, alasannya ialah kadang ada orang yang bahkan selama mempunyai motor tidak pernah melaksanakan penggantian fluida rem sekali pun. Dengan rutin mengganti minyak rem, tentu kotoran karat maupun benda lain yang mungkin larut didalamnya tidak mengendap dan menimbulkan kebuntuan.

Rutin melaksanakan investigasi fungsi maupun visual dari piston kaliper. Jika karet pelindung pecah atau rusak segera lakukan penggantian, alasannya ialah jikalau tidak, air dapat masuk kedalam dan menimbulkan macet.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Fungsi Defogger Garis Coklat Di Beling Mobil

Benarkah Memoles Body Kendaraan Beroda Empat Bikin Cat Jadi Tipis ?