Pengertian Fungsi Kunci Momen Torque Wrench

Fungsi kunci momen - torque wrench alias kunci momen atau sering disebut juga dengan nama kunci torsi ini merupakan salah satu jenis kunci SST yang sanggup kalian temui di bengkel - bengkel otomotif khususnya di bengkel mobil.

 torque wrench alias kunci momen atau sering disebut juga dengan nama kunci torsi ini meru Pengertian Fungsi Kunci Momen Torque Wrench


Umumnya kunci momen ini berbentuk batang memanjang. dibagian ujung atas terdapat sebuah pen untuk menancapkan kunci shock, sedang dibagian ujung bawah bersahabat handle biasanya terdapat penyetel momen kekencangan yang diinginkan yang ditunjukkan dengan angka. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.

 torque wrench alias kunci momen atau sering disebut juga dengan nama kunci torsi ini meru Pengertian Fungsi Kunci Momen Torque Wrench


Fungsi kunci momen / kunci torsi

Fungsi dari kunci momen ini ialah untuk mengukur kekencangan baut / mur sesuai dengan spesifikasi kekencangan yang telah ditentukan menurut mutu atau kualitas mur dan baut, sehingga baut / mur yang dikencangkan tadi tidak kendor, tidak menjadikan ulir menjadi dol maupun baut menjadi patah.

Pengaplikasian kunci momen ini biasanya ada di tahap final dari proses mengencangkan baut sehabis sebelumnya dikencangkan dengan memakai kuni pass maupun ring dengan memakai tangan biasa. Khusus pengencangan pada bab komponen yang terbuat dari lempeng baja cor menyerupai blok mesin / head cylinder diharapkan pengencangan secara sedikit demi sedikit ( tidak pribadi full ) guna menghindari efek puntir / yang sanggup menjadikan komponen tersebut pecah/ retak.

Jenis model kunci momen

Untuk model atau jenis kunci momen sendiri berbagai namun yang paling umum ditemui ialah kunci momen model klik menyerupai yang ditunjukkan gambar diatas. Berapa model kunci momen lain diantaranya ialah sebagai berikut.

 torque wrench alias kunci momen atau sering disebut juga dengan nama kunci torsi ini meru Pengertian Fungsi Kunci Momen Torque Wrench
Ilustrasi jenis - jenis kunci momen


  1. Deflecting beam torque wrench
  2. Dial indicator torque wrench
  3. Click type torque wrench
  4. Pneumatic torque wrench
  5. Hydraulic torque wrench
  6. Digital torque wrench, dan lain sebagainya.


Cara memakai kunci momen

Menggunakan kunci momen ini sangat mudah, yang pertama dilakukan ialah mengatur setelan kekencangan kunci momen menurut spesifikasi mutu baut. Selanjutnya pasang kunci shock dan extensionnya di bab ujung momen dan lakukan pengencangan sampai terdengar suara klik.

Pada setiap kunci momen ini mempunyai batasan maksimal dan minimal torsi yang sanggup dikencangkan dan diukur dengan memakai kunci torque wrench. Agar nantinya kunci ini abadi sebaiknya gunakan kunci momen dibawah nilai maksimum yang sanggup diukur dengan memakai kunci torsi tersebut.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Widget Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Cara Wax Kendaraan Beroda Empat Yang Benar : Mencar Ilmu Detailing Pemula