Cutting Sticker Vs Decal Sticker Anggun Mana ?

Cutting sticker VS decal - setiap pabrikan sepeda motor tentunya memperlihatkan sticker atau stripping yang fungsinya untuk menambah keindahan si sepeda motor, namun terkadang banyak orang yang merasa monoton dengan tampilan tersebut, sehingga banyak dari orang orang ini yang kemudian mengganti striping bawaan biar terlihat berbeda.

Mengganti stripping bawaan sanggup dilakukan dengan mengecat ulang memakai air brush, memasangkan cutting sticker ataupun dengan decal sticker. Selain motor jadi terlihat berbeda dengan yang lainnya secara tampilan, dengan mengecat memakai air brush, memasangkan cutting sticker / decal ini sanggup memperlihatkan identitas terhadap si motor.

 setiap pabrikan sepeda motor tentunya memperlihatkan sticker atau stripping yang fungsinya un Cutting Sticker VS Decal Sticker Bagus Mana ?


Karena artikel kali ini fokus untuk memperbandingkan antara cutting sticker dan decal, maka kita kesampingkan terlebih dahulu mengenai air brush. banyak orang yang kemudian ingin tau dengan yang namanya cutting sticker maupun decal sticker, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya masing - masing, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan disimak uraian dibawah ini.

1. CUTTING STIKER

Cutting sticker yaitu salah satu cara memodifikasi tampilan sepeda motor dengan memakai sticker yang eksklusif ditempelkan ke permukaan sepeda motor yang diinginkan, kemudian memotongnya sesuai dengan lekukan body motor tersebut. Untuk stickernya sendiri terdiri dari lembaran lembaran sticker satu warna saja, untuk yang menginginkan memasangkan sticker lebih dari satu warna, perlu keahlian khusus dari si pemasangnya.

 setiap pabrikan sepeda motor tentunya memperlihatkan sticker atau stripping yang fungsinya un Cutting Sticker VS Decal Sticker Bagus Mana ?
Contoh cutting sticker


Selain diharapkan keahlian khusus, proses pemasangan cutting sticker ini juga tidak mengecewakan usang hingga ber jam jam. Bahkan ada yang hingga 7 jam lamanya hanya untuk mengerjakan satu unit motor. Untuk kualitas sendiri tergantung dari materi sticker yang digunakan, semakin berkualitas maka harga / jasa pemasangannya juga mahal. Untuk mengerjakan cutting sticker ini sanggup dilakukan memakai mesin cutting maupun secara manual eksklusif pada permukaan body motor memakai cutter.

 setiap pabrikan sepeda motor tentunya memperlihatkan sticker atau stripping yang fungsinya un Cutting Sticker VS Decal Sticker Bagus Mana ?
Contoh materi untuk cutting sticker


Harga yang ditawarkan untuk cutting sticker ini paling murah mulai dari Rp 300 ribu rupiah keatas, untuk kualitas sticker yang anggun dan dengan model yang rumit biasanya dipatok hampir sama dengan harga termurah dari decal sticker.

Kesimpulan kelebihan dan kekurangan cutting sticker


Kelebihan cutting sticker


  • Warna yang tahan usang alias tidak gampang pudar, lantaran dari satu kertas sticker satu warna dari pabrik.
  • Kertas sticker berbahan vinyl dengan brand 3M SCOTCHCAL sanggup infinit hingga 5 tahun.
  • Untuk yang jenis scotchlite dan fosfor sanggup mengeluarkan cahaya didalam kegelapan ( glow in the dark )
  • Sifat dari materi cutting sticker ini yang cut contour, sanggup lebih fleksibel diaplikasikan ke media apapun.
  • Harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan decal.


kekurangan cutting sticker


  • Tidak sanggup digunakan untuk menciptakan tampilan gradasi warna, lantaran satu lembar kertas hanyalah satu warna. Sehingga untuk menghasilkan banyak warna, harus dilakukan penumpukan sticker.
  • Proses pengerjaan yang membutuhkan waktu yang usang serta keahlian dari si pemasangnya.


Baca juga : Daftar perlengkapan wajib biker yang harus anda miliki

2. DECAL STICKER

Decal atau yang sering disebut dengan digital printing yaitu sticker yang dibentuk melalui olah digital komputer, yang selanjutnya di cetak memakai alat printing sticker diatas kertas sticker polos ( putih ). Setelah tercetak dan dipotong, sticker ini akan eksklusif sanggup dipasangkan ke permukaan body motor yang diinginkan tanpa harus memotong motong ulang layaknya cutting sticker. Karena sudah dipotong sesuai dengan contoh gambar, maka proses pemasangannya sanggup lebih cepat dibandingkan dengan cutting sticker, mungkin waktu yang dibutuhkan tidak hingga 2 jam decal sticker ini telah terpasang seutuhnya ke body motor.



Rata rata decal sticker ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan cutting sticker lantaran proses pengerjaannya yang membutuhkan keterampilan mengolah gambar melalui komputer, serta proses mencetaknya yang memakai printer khusus sticker. Untuk persoalan kualitas sendiri tergantung dari materi sticker yang digunakan, namun rata rata para pembuat decal sticker ini mengaplikasikan materi yang berkualitas anggun mengingat mereka juga memperlihatkan harga jual yang mahal.

Harga yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp 1.5 juta hingga ada yang lebih dari Rp 3.5 juta rupiah tergantung desain stickernya.

Kesimpulan kelebihan dan kekurangan decal sticker


Kelebihan decal sticker


  • Proses pemasangannya lebih cepat dibandingkan dengan cutting sticker.
  • Untuk mengkreasikan warna tidak perlu menumpuk sticker layaknya cutting sticker, lantaran pewarnaan dilakukan di komputer. Bahkan anda sanggup memakai foto wajah anda untuk dijadikan objek gambar.


Kekurangan decal sticker


  • Harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan cutting sticker.
  • Tidak ada pilihan warna yang sanggup menyala dalam gelap, diharapkan tinta khusus yang terbuat dari materi fosfor untuk hal ini.
  • Warna cepat memudar jka tidak dilapisi oleh laminasi ataupun pernis, lantaran pewarnaan dilakukan memakai tinta dan printer.



Dari keduanya yang perlu anda ketahui dan pahami yaitu materi dari kertas sticker yang dipakai, baik cutting sticker maupun decal kalau memakai materi yang sama sama berkualitas, tentu akibatnya sama baiknya. Dan juga untuk desain yang meruncing, biasanya bab ini gampang sekali mengelupas sehingga dalam perawatannya perlu diperhatikan. Jangan mencuci ataupun mengelap di bab ujung yang runcing lantaran rawan mengelupas.

Baca menarik lainnya : Cara melepas sticker biar tidak merusak cat
   
Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai cutting sticker dan decal sticker, semoga bermanfaat dan jangan lupa di bantu share artikel ini, salam otomotif.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Widget Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Cara Wax Kendaraan Beroda Empat Yang Benar : Mencar Ilmu Detailing Pemula