Mengenal Jenis Materi Dasar Cat Mobil

Mengenal jenis jenis materi cat mobil - penampilan eksterior kendaraan beroda empat tentu saja mencerminkan sebuah kendaraan beroda empat terawat dengan baik ataukah tidak, semakin konclong cat kendaraan beroda empat tentu saja orang niscaya akan berasumsi bahwa kendaraan beroda empat tersebut dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Nah dalam melaksanakan perawatan cat kendaraan beroda empat sendiri memang susah susah gampang, namun walaupun susah susah simpel namun tak sulit untuk dilakukan.

 penampilan eksterior kendaraan beroda empat tentu saja mencerminkan sebuah kendaraan beroda empat terawat dengan baik atauk Mengenal Jenis Bahan Dasar Cat Mobil


Pemilihan cat kendaraan beroda empat yang anggun juga merupakan sebuah kepuasan tersendiri yang bisa dirasakan oleh si pemilik mobil, alasannya yakni hal ini menawarkan huruf atau selera dari si empunya mobil. Untuk menentukan warna cat kendaraan beroda empat vaforit sebaiknya dilakukan secara hati hati, alasannya yakni warna cat yang anggun ditentukan dari kualitas materi dasar cat yang dipakai.

Jika anda ingin mengganti cat kendaraan beroda empat lantaran sudah bosan dengan warna cat yang itu itu saja, sebaiknya anda mengetahui teknik pewarnaan cat kendaraan beroda empat menurut materi dasar pembuatnya, hal ini sangatlah penting mengingat salah menentukan materi cat malah akan menciptakan anda kecewa berat. Setidaknya ada tiga materi dasar yang biasanya digunakan dalam pengecatan yang diantaranya yakni sebagai berikut :


1. Cat Bahan Dasar Nitro Cellulose ( Duco )

Mobil yang memakai cat berbahan dasar Duco ini sering kita jumpai pada kendaraan beroda empat sederhana ibarat kendaraan beroda empat truk, pick up ataupun kendaraan beroda empat angkutan umum sejenis mikrolet. Kelebihan dari cat dengan materi dasar ini ialah mempunyai sifat yang instan, yang artinya tidak membutuhkan proses panjang dan berbelit belit hanya untuk mengecat sebuah mobil

Nah lantaran sifatnya yang instan inilah yang menciptakan cat jenis ini menjadi cat paling favorit yang digunakan pada bengkel pengecatan kendaraan beroda empat umum berskala kecil. Kekurangan pada cat jenis ini yakni warna yang dihasilkan tidak terlalu mengkilap, serta simpel pudar.

Baca juga : Penyebab warna cat kendaraan beroda empat dan motor simpel rusak


2. Cat Bahan Dasar Poly Urethane ( Cat Oven )

Cat Poly Urethane sering juga disebut dengan istilah at panggangan dimana proses pengerjaannya baisanya dilakukan dengan memakai teknik pengecatan panggangan untuk memperoleh hasil maksimal serta biar cepat kering, materi dasar cat panggangan ini termasuk dalam kategori mahal.

Kelebihan yang dimiliki oleh cat PU ini dibandingkan cat duco ialah mempunyai baik itu daya tutup, daya kilap serta kekerasan yang tinggi. Dengan begitu cat jenis panggangan ini lebih tahan terhadap tabrakan ringan dibandingkan dengan cat jenis duco. Kelebihan menarik lainnya yakni cat panggangan atau PU ini mempunyai daya tahan yang usang bahkan puluhan tahun lamanya.

Karena kelebihannya ini menciptakan cat jenis Poly Urethane sering digunakan oleh pabrikan kendaraan beroda empat untuk mengecat kendaraan beroda empat baru. Bagi pemilik kendaraan beroda empat yang menginginkan cat berkualitas anggun biasanya menentukan cat berbahan dasar Poly Urethane ini, meskipun mereka harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Baca juga : Ini yang dimaksud cat panggangan dan cara mengecatnya


3. Cat Lacquer

Cat lacquer ialah jenis cat yang memakai materi solvent organik semacam tinner untuk pengencerannya. Solvent organik ini sangat berbahaya lantaran selain berbau yang menyengat hidung, juga tidak baik untuk kesehatan pernafasan manusia, terutama bagi para pekerja pengecatan yang memakai cat lacquer ini.

Karena alasan ini pula lah banyak produsen cat yang digunakan untuk cat rumah sudah menghentikan produksi dari cat jenis ini, dan cat ini hanya dipergunakan untuk keperluan industri, beberapa jenis furniture dan juga produk otomotif.

Cat lacquer yakni jenis cat yang sebisa mungkin sebaiknya dihindari, selain pengaruh samping bagi kita yang tidak baik, cat jenis ini juga tergolong kurang abadi dan simpel kusam. Keawetan dari cat jenis ini mungkin hanya bertahan antara 1 sampai 2 tahun saja.

Tapi tunggu dulu, ada kelebihan dari cat jenis lacquer ini disamping beberapa keburukan yang kami sebutkan diatas, yakni lantaran materi solvent organik tersebut simpel sekali menguap, menciptakan cat jenis lacquer ini sepat sekali keringnya. Bahkan kecepatan pengeringan dari cat lacquer ini melebihi kecepatan dua jenis cat kendaraan beroda empat yang sebelumnya kita bahas diatas.

Baca juga : Pengertian coating atau laminating cat kendaraan beroda empat dan fungsinya

Selain itu lantaran cat lacquer ini yakni cat yang terbuat dari banyak sekali macam adonan materi kimia, menciptakan cat lacquer ini mempunyai pigmen serta carrier yang sangat tangguh dan bisa menempel pada permukaan kit body kendaraan beroda empat sampai ke celah terkecil sekalipun sehingga cocok digunakan untuk mengecat detail dari kit kendaraan beroda empat serta bisa dilakukan pemolesan dengan baik.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Widget Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Cara Wax Kendaraan Beroda Empat Yang Benar : Mencar Ilmu Detailing Pemula