Penyebab Dan Mengatasi Busi Motor Berair Oli

Busi motor berair oli - pastinya hampir rata rata pemilik sepeda otor pernah membuka busi motor sendiri dirumah untuk sekedar mengecek ataupun membersihkan kepala busi dari kotoran berwarna hitam yang penempel disana. Beberapa diantaranya lagi niscaya pernah menemukan adanya rembesan oli yang menyelimuti kepala busi, padahal dalam kondisi normal busi harus dalam keadaan kering.

Oli yang ada pada mesin ini berfungsi untuk melumasi seluruh komponen bergerak yang ada di belahan mesin, kecuali ruang bakar, sehingga bila kalian menemukan kepala busi yang terdapat oli mesin sanggup dipastikan ada duduk masalah disana.

 pastinya hampir rata rata pemilik sepeda otor pernah membuka busi motor sendiri dirumah u Penyebab Dan Mengatasi Busi Motor Basah Oli


#Penyebab oli mesin membasahi busi

Oli motor yang membasahi kepala busi ini biasanya disebabkan adanya kebocoran pada ring seher / ring piston dan seal klep in dan ex yang, rusak sehingga oli merembes masuk kedalam ruang mesin dan membasahi busi. Oh iya, kebocoran tersebut selain menimbulkan oli masuk dan ikut terbakar  diruang mesin, juga sanggup menciptakan kompresi mesin bocor sehingga tenaga mesin jadi loyo.

Oli mesin yang masuk kedalam ruang bakar dan tidak segera ditangani sanggup menimbulkan kerusakan serius pada mesin. Pertama oli mesin yang merembes tadi akan masuk keruang bakar dan ikut terbakar sehingga menghasilkan polusi berupa asap putih yang keluar dari knalpot. Karena oli mesin selalu merembes dan terbakar, volume oli didalam mesin pun menjadi berkurang. Kurangnya oli didalam mesin sanggup menimbulkan komponen bergerak yang ada didalam ruang mesin menjadi gampang panas dan aus.

Baca juga : Nih penyebab kompresi mesin bocor

#Akibat oli masuk kedalam ruang bakar

1. Mesin motor brebet

Akibat bila oli mesin hingga masuk kedalam ruang bakar dan tidak segera ditangani yang pertama yaitu mesin motor jadi brebet. Hal ini dikarenakan oli yang terbakar tadi meninggalkan kerak yang akan menyelimuti belahan elektroda busi baik itu yang side electrode maupun center electrodenya. Dengan adanya lapisan kerak ini menimbulkan percikan bunga api pada busi menjadi terganggu sehingga mesin motor pun kadang terasa brebet.

2. Keluar asap putih dari knalpot

Karena adanya oli yang masuk kedalam ruang bakar, secara otomatis oli tersebut juga nantinya akan ikut terbakar ketika proses pembakaran berlangsung yang menimbulkan gas buang menjadi berwarna putih susu.

3. Usia pakai busi menjadi singkat

Karena adanya oli maupun kerak oli yang menyelimuti kepala busi, selain mengganggu persikan bunga api di kepala busi, juga sanggup menimbulkan temperatur busi menjadi berubah ubah yang nantinya sanggup mempersingkat usia pakai busi.

4. Mesin motor macet / terkancing

Karena oli yang ada di dalam mesin bertahap masuk kedalam ruang bakar dan terbakar, maka volume nya pun berkurang sedikit demi sedikit. Bila tragedi ini dibiarkan tanpa ada penanganan atau perbaikan, sanggup menimbulkan oli pelumas didalam mesin habis. Nah habisnya oli mesin inilah yang nantinya akan menciptakan komponen mesin motor yang saling bergesekan akan aus, memuai dan mesin pun rontok, terkancing, atau macet.

Baca juga : 5 Jenis busi terbaik untuk motormu

#Deteksi dini kebocoran ruang bakar mesin

Salah satu indikasi yang pertanda adanya kebocoran sehingga menimbulkan oli mesin masuk kedalam ruang bakar ialah keluarnya asap putih dari knalpot motor. Bila ada diantara kalian yang knalpot motornya keluar asap putih sebaiknya segera dilakukan pengecekan berupa membuka dan melihat kepala busi apakah ada sisa oli yang melekat disana ataukah tidak. Selanjutnya cek volume oli melalui dipstick oli, bila berkurang segera tambahkan hingga batas max dan segera bawa motor ke bengkel untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasang Widget Jam Dan Kalender Di Blog Terbaru

Kualitas Solar Sangat Mempengaruhi Kinerja Mesin Diesel

Cara Wax Kendaraan Beroda Empat Yang Benar : Mencar Ilmu Detailing Pemula